Assalamualaikum...

Jumat pagi yang tenang, suasana masih damai udara juga masih lumayan sejuk lah disini (siangan dikit juga udah panas). Pagi-pagi udah ditinggal, yap keluarga pada ke kalimalang dan saya ga bisa ikut kesana karena seperti yang saya bilang, saya libur sekolah ga berarti libur tugas -_-. Kalo udah ngomongin tugas pasti muka langsung datar. Abis kadang tugas sekolah suka banyak banget seakan-akan berkembang biak begitu, daripada pusing mikirin tugas melulu mending saya ngeblog aja deh menyusun kata demi kata untuk dibaca para pembaca yang setia aseeekkk.

Hari ini saya mau ngomongin apa? ya seperti judulnya hari ini saya bakal ngebahas soal fotografi makro nih sob, ada yang udah tau apa itu fotografi makro sebelumnya? kalo ada acungin tangan aja *plakk mana bisa+mana keliatan ya wkwk. Menurut wikipedia, fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangak dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop.

Kenapa di sebut makro(besar)? sedangkan kebanyakan objek yang di foto berukuran mikro(kecil). Darisini bisa saya tarik kesimpulan bahwa fotografi makro adalah jenis fotografi yang memotret objek berukuran kecil(mikro) hingga tampak berukuran besar(makro) di kamera. Ya mungkin untuk opini saya tentang pendefinisian fotografi makro ya itu aja si. Contoh fotonya bisa lihat dibawah sini.

                                       

Untuk foto makro diatas itu adalah foto salah satu jenis weevil saya belum tau itu termasuk jenis weevil apa tapi jujur si doi lumayan kecil sob dan saya berhasil foto si doi jadi tampak lebih besar untuk diamati secara keseluruhan. Ada lagi nih foto si weevil unyu ini.



Sebenernya itu foto udah hampir setahun yang lalu sob. Entah kapan saya belum ada waktu lagi nih buat makroan mengingat tugas yang terlalu banyak :( next time lah mudah mudahan bisa doain aja hehe.

Kalo ditanya sejak kapan kenal fotografi makro dan darimana taunya sih saya udah lupa ya, abis udah lama juga saya bergelut di salah satu jenis fotografi ini. Awal saya kenal fotografi itu dari temen saya dia anggota Railfans gitu yang suka memotret kereta. Saya juga pas kenal dunia foto juga ga langsung makroan sob, sekedar foto lingkungan sekeliling saya pake kamera handphone dan itu juga saya hunting foto bareng sama temen saya dan setelah foto pasti selalu saya upload ke facebook saya.

Kalo ga salah saya mulai kenal makro karena saya ngeliat foto foto serangga gitu di internet, ya saya mikir ko bisa ya orang foto serangga yang segitu kecilnya. Iseng nyoba motret tapi ga bisa ya wong pake kamera hp hehehe, yaudah lah saya fikir mungkin kalo cuma pake hp ga bisa saya harus pake kamera asli gitu. Pernah suatu waktu di beliin lensa lensaan buat kamera hp yang ada tiga lensa (fish eye, wide, macro) dari ketiga lensa itu saya suka pake yang fish eye dan saya belum ngeh soal lensa macro itu. Mulai cape cuma pake yang fish eye saya perhatiin lensa lain dan pake yang wide ya cuma buat biar lebar doang hasilnya buat foto landscape gitu, eh tapi tunggu dulu ternyata lensa wide sama macro itu nyambung , iseng aja saya puter ulir yang nyambungin kedua lensa itu dan ternayata bisa misah tuh yaudah saya coba pake lensa macro nya. Pertama pake saya bingung ko jadi ngeblur semua wkwkw eh tapi pas di deketin sama objek kaya bunga gitu jadi fokus banget sob, dan dari situ lah saya mulai suka sama fotografi makro, berikut contoh foto makro saya dalam bentuk video.


Maklum ya sob kalo kualitasnya ga terlalu bagus dan ga ada audionya, itu saya buat dari power point hehehe nyoba nyoba. Pas bikin mah ada audionya eh pas jadi video ko malah ga ke input bingung saya.

Ya, mungkin segitu aja untuk opini saya tentang fotografi makro ini saya harap kalian bisa enjoy dengan postingan saya kali ini. Terus pantengin blog saya ya masih banyak hal unik dan menarik dalam keseharian saya yang akan saya bagikan kepada kalian semua sob lewat tulisan saya, see you next time.

Wassalamualaikum...

0 Comments