Assalamualaikum...

Ya balik lagi di My Blog My Daily bersama saya blogger yang masih awam hehehe Mas Ilham. Dan pada kesempatan kali ini saya mau share ya sedikit yang saya tau aja sih soal membentuk badan jadi lebih bagus lagi. Semua itu tidak terlepas dari olahraga, ya memang semua olahraga itu selain menyehatkan juga dapat membuat tubuh kita menjadi atletis. Tapi ada saatnya dimana kita tidak sempat untuk berolahraga berat seperti berlari, bersepeda, berenang dan sebagainya. Mengingat ada halangan atau kesibukan yang lainnya. Namun kalo emang sobat pengen ngebentuk badan tanpa harus olahraga outdoor dan hanya melakukan gerakan gerakan ringan dirumah, mas Ilham kasih tau nih 4 gerakan yang bisa bikin tubuh sobat jadi terlihat macho hehehe.

1. Push Up


Ya gerakan yang bisa sobat lakukan dirumah yang pertama yaitu push up. Menurut wikipedia push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Adapun otot bisep dan trisep adalah seperti pada gambar dibawah ini :



MENGAPA PUSH UP?
Sudah jelas dikatakan diatas bahwa gerakan push up dapat membentuk otot bisep dan trisep yang terletak pada tangan kita sob. Jadi kalo otot bisep dan trisep sobat kuat dan besar ya jadi tambah macho deh. Dan selain dapat melatih otot tangan, push up juga dapat melatih otot dada. Dapat membentuk dada menjadi lebih bidang.

CARA PUSH UP YANG BENAR :
1. Posisikan tubuh sobat dalam keadaan seperti tengkurap dengan tangan dan kaki menopang tubuh sobat.
2. Buka lengan sejajar dengan bahu, jangan terlalu renggang jangan juga terlalu menyempit.
3. Coba turunkan lengan perlahan jangan sampai ada bagian tubuh yang menyentuh lantai, dan kemudian angkat lagi seperti posisi semula.
4. Lakukan gerakan push up di ulang ulang.

Oh ya sob kalo bisa dalam melakukan gerakan push up ini rutin setiap harinya dan jangan pernah dipaksain kalo emang udah ga kuat bisa istirahat dulu. Setiap hari pasti ada peningkatan jumlah push up yang bisa kita lakukan. Misalnya hari ini cuma bisa 5 push up besok mungkin sudah bisa 6 atau 7 push up, coba deh sob pasti bisa.

2. Sit Up


Gerakan selanjutnya yaitu sit up. Ya sit up, pasti sobat udah ga asing lagi kan sama gerakan yang satu ini. Sit up adalah gerakan dengan posisi badan tiduran telentang dengan kaki di tekuk tangan di belakang kepala dan gerakan dimulai dengan memposisikan kepala agar bangun. Sit up dilakukan untuk melatih otot perut sob. Perlu di ingat sit up hanya melatih otot perut agar kuat, bukan untuk menghilangkan lemak di perut. Banyak orang beranggapan bahwa dengan sit up mereka yang memiliki lemak berlebih di perut, yang mengakibatkan perut terkesan buncit akan hilang setelah rutin melakukan gerakan ini tetapi itu salah. Karena faktanya sit up adalah jenis gerakan olahraga yang memfokuskan pelatihan otot perut bukan seperti olahraga cardio yang dapat membakar lemak.

Nah kalo sobat pengen punya perut yang kencang dan kuat, mulailah dengan melakukan gerakan sit up ini ya. Untuk lebih jelasnya seputar mengenai sit up, mulai jenis jenisnya dan bagaimana cara sit up yang benar, sobat bisa mengunjungi situs ini. Ingatlah untuk selalu konsisten dalam melakukan setiap gerakan ini ya sob.

3. Pull Up


Yap gerakan ketiga yang dapat membentuk tubuh kita jadi atletis adalah pull up. Mendengar kata pull up itu sendiri berarti artinya pull itu menarik dan up itu keatas. Jadi bisa saya simpulkan bahwa gerakan pull up adalah jenis gerakan yang mengharuskan kita berpegangan pada sebuah tiang atau bar dalam posisi tubuh kita bergelantung tidak menapak ke tanah dan kemudian kita menarik atau mengangkat tubuh kita keatas sampai dagu melewati tiang atau bar tersebut.

OTOT YANG DILATIH
Pull up sangat efektif untuk kalian yang mau punya badan kekar macho kaya Ade Rai gitu hehe. KENAPA? karena pull up melatih hampir semua otot pada tubuh bagian atas sob. Dengan gerakan mengangkat tubuh keatas so pasti otot yang dilatih adalah tangan dan bahu sob kaya gambar diatas. Dan usahakan dalam push up tangan selebar mungkin, maka akan terbentuk v shape di punggung sobat. Lakukan gerakan ini secara rutin kalo sobat mau dapet tubuh atletis yang mantap hehehe.

4. Squat Jump



Gerakan yang keempat dan sekaligus yang terahir adalah squat jump. Menurut blog yang saya baca, bahwa squat jump atau lompat jongkok merupakan latihan pliometrik untuk melatih tubuh bagian bawah. Yapzz latihan ini di fungsikan untuk melatih otot tubuh bagian bawah seperti otot betis dan paha kaki kita sob. Berikut video yang menerangkan bagaimana cara squat jump yang benar :


Nah gimana sob, udah di liat kan videonya? jangan lupa untuk mempraktekannya dirumah.

Mungkin segitu aja untuk postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Dan jangan lupa kunci untuk mendapat keberhasilan adalah berusaha, tak terkecuali untuk mendapat tubuh atletis kita harus berusaha terus sob dan jangan lupa lakuin gerakan gerakan diatas ya sob. Mas Ilham pamit.

Wassalamualaikum...





0 Comments